A. Media Pembelajaran
Media
pembelajaran adalah media yang membawa pesan-pesan atau informasi yang
bertujuan instruksional atau mengandung maksud-maksud pengajaran menurut Gagne
dan Briggs (1975) media pembelajaran meliputi alat yang secara fisik digunakan
untuk menyampaikan isi materi pengajaran yang terdiri dari buku, tape recorder,
kaset, video camera, video recorder, film, slide (gambar), foto, gambar,
grafik, televisi dan computer. Atau dengan kata lain Media adalah segala
sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima,
sehingga dapat merangsang fikiran, perasaan, perhatian dan minat si penerima
pesan. Di dalam proses penyampaian informasi ini dengan menggunakan saluran
(media) maka komunikan akan menerima informasi/pesan tersebut melalui kelima
panca inderanya (penglihatan, pendengaran, perabaan, penciuman dan pengecap).
Media
pembelajaran sangat berpengaruh terhadap proses belajar mengajar. Media
pembelajaran tidak hanya dijadikan sebagai alat bantu, namun juga dijadikan
sebagai alat untuk mempermudah peserta didik dalam menyerap pesan yang
disampaikan. Pemilihan media yang sesuai akan meringankan pekerjaan pendidik,
dan juga dapat meningkatkan efektivitas pencapaian tujuan pembelajaran.
Kesimpulannya, media adalah segala sesuatu
yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima.
Sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat siswa
sedemikian rupa sehingga proses belajar terjadi.
B.
Landasan Penggunaan Media Pembelajaran
Penggunaan media dalam proses pembelajaran
dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas prestasi belajar. Diharapkan proses
pembelajaran menjadi efektif, interaktif, dan efisien. Adapun beberapa landasan
dalam penggunaan media pembelajaran, adalah sebagai berikut:
1. Landasan Filosofis
Ada suatu pandangan, bahwa dengan digunakannya
berbagai jenis media hasil dari teknologi baru di dalam kelas, akan berakibat
proses pembelajaran yang kurang manusiawi. Bisa dikatakan, penerapan teknologi
dalam pembelajaran akan terjadi dehumanisasi. Tetapi, siswa harkat
kemanusiaannya diberi kebebasan untuk menentukan pilihan, baik cara maupun alat
belajar sesuai dengan kemampuannya. Dengan demikian, penerapan teknologi tidak
berarti dehumanisasi.
Jika guru menganggap siswa sebagai anak
manusia yang memiliki kepribadian, harga diri,motivasi, dan memiliki kemampuan
pribadi yang berbeda dengan yang lain, maka baik menggunakan media hasil
teknologi baru atau tidak, proses pembelajaran yang dilakukan akan tetap
menggunakan pendekatan humanis.
2. Landasan Psikologis
Dengan
memperhatikan kompleks dan uniknya proses belajar, maka ketepatan pemilihan
media dan metode pembelajaran akan sangat berpengaruh terhadap hasil belajar
siswa. Di samping itu, persepsi siswa juga sangat mempengaruhi hasil belajar.
Oleh sebab itu, dalam pemilihan media, di samping memperhatikan kompleksitas
dan keunikan proses belajar, memahami makna persepsi serta faktor-faktor yang
berpengaruh terhadap penjelasan persepsi hendaknya diupayakan secara optimal
agar proses pembelajaran dapat berlangsung secara efektif.
Untuk maksud tersebut, perlu: (1) diadakan
pemilihan media yang tepat sehingga dapat menarik perhatian siswa serta
memberikan kejelasan obyek yang diamatinya, (2) bahan pembelajaran yang akan diajarkan
disesuaikan dengan pengalaman siswa. Kajian psikologi menyatakan bahwa anak
akan lebih mudah mempelajari hal yang konkrit ketimbang yang abstrak. Berkaitan
dengan kontinuum konkrit-abstrak dan kaitannya dengan penggunaan media
pembelajaran, ada beberapa pendapat.
Pertama, Jerome Bruner,
mengemukakan bahwa dalam proses pembelajaran hendaknya menggunakan urutan dari
belajar dengan gambaran atau film (iconic representation of experiment)
kemudian ke belajar dengan simbul, yaitu menggunakan kata-kata (symbolic
representation). Menurut Bruner, hal ini juga berlaku tidak hanya untuk anak
tetapi juga untuk orang dewasa.
Kedua, Charles F. Haban,
mengemukakan bahwa sebenarnya nilai dari media terletak pada tingkat
realistiknya dalam proses penanaman konsep, ia membuat jenjang berbagai jenis
media mulai yang paling nyata ke yang paling abstrak.
Ketiga, Edgar Dale, membuat
jenjang konkrit-abstrak dengan dimulai dari siswa yang berpartisipasi dalam
pengalaman nyata, kemudian menuju siswa sebagai pengamat kejadian nyata,
dilanjutkan ke siwa sebagai pengamat terhadap kejadian yang disajikan dengan
media, dan terakhir siswa sebagai pengamat kejadian yang disajikan dengan
simbol.
Salah satu gambaran yang paling
banyak digunakan acuan sebagai landasan teori penggunaan media dalam
pembelajaran adalah kerucut pengalaman Dale (Dale’s Cone of Experience).
Dalam proses pembelajaran, media
memiliki kontribusi dalam meningkatkan mutu dan kualitas pengajaran. Kehadiran
media tidak saja membantu pengajar dalam menyampaikan materi ajarnya, tetapi
memberikan nilai tambah pada kegiatan pembelajaran. Kerucut pengalaman Dale
diatas mengklasifikasikan media berdasarkan pengalaman belajar yang akan
diperoleh oleh peserta didik, mulai dari pengalaman belajar langsung,
pengalaman belajar yang dapat dicapai melalui gambar, dan pengalaman belajar
yang bersifat abstrak. Materi yang ingin disampaikan dan diinginkan peserta
didik dapat menguasainya disebut sebagai pesan. Guru sebagai sumber pesan
menuangkan pesan-pesan dalam simbol-simbol tertentu (encoding) dan peserta
didik sebagai penerima menafsirkan simbol-simbol tersebut sehingga dipahami
sebagai pesan (decoding).
Dalam proses pembelajaran, media memiliki
kontribusi dalam meningkatkan mutu dan kualitas pengajaran. Kehadiran media
tidak saja membantu pengajar dalam menyampaikan materi ajarnya, tetapi
memberikan nilai tambah pada kegiatan pembelajaran.
3. Landasan Teknologis
Teknologi
pembelajaran adalah teori dan praktek perancangan, pengembangan, penerapan,
pengelolaan, dan penilaian proses dan sumber belajar. Jadi, teknologi
pembelajaran merupakan proses kompleks dan terpadu yang melibatkan orang,
prosedur, ide, peralatan, dan organisasi untuk menganalisis masalah, mencari
cara pemecahan, melaksanakan, mengevaluasi, dan mengelola pemecahan
masalah-masalah dalam situasi di mana kegiatan belajar itu mempunyai tujuan dan
terkontrol. Dalam teknologi
pembelajaran, pemecahan masalah dilakukan dalam bentuk: kesatuan
komponen-komponen sistem pembelajaran yang telah disusun dalam fungsi disain atau
seleksi, dan dalam pemanfaatan serta dikombinasikan sehingga menjadisistem
pembelajaran yang lengkap. Komponen-komponen ini termasuk pesan, orang, bahan,
media, peralatan, teknik, dan latar.
4. Landasan Empiris
Temuan-temuan
penelitian menunjukkan bahwa terdapat interaksi antara penggunaan media
pembelajaran dan karakteristik belajar siswa dalam menentukan hasil belajar
siswa. Artinya, siswa akan mendapat keuntungan yang signifikan bila ia belajar
dengan menggunakan media yang sesuai dengan karakteristik tipe atau gaya
belajarnya. Siswa yang memiliki tipe belajar visual akan lebih memperoleh
keuntungan bila pembelajaran menggunakan media visual, seperti gambar, diagram,
video, atau film. Sementara siswa yang memiliki tipe belajar auditif, akan
lebih suka belajar dengan media audio, seperti radio, rekaman suara, atau
ceramah guru. Akan lebih tepat dan menguntungkan siswa dari kedua tipe belajar
tersebut jika menggunakan media audio-visual. Berdasarkan landasan rasional
empiris tersebut, maka pemilihan media pembelajaran hendaknya jangan atas dasar
kesukaan guru, tetapi harus mempertimbangkan kesesuaian antara karakteristik
pebelajar, karakteristik materi pelajaran, dan karakteristik media itu sendiri.
5. Landasan Historis
Landasan historis media pembelajaran ialah
rational penggunaan media pembelajaran ditinjau dari sejarah konsep istilah
media digunakan dalam pembelajaran. Perkembangan konsep media pembelajaran
sebenarnya bermula dengan lahirnya konsepsi pengajaran visual atau alat bantu
visual sekitar tahun 1923
menurut saudari, media yang bagaimana yang tepat untuk diterapkan oleh seorang guru kepada peserta didik dalam pengajaran kimia, ketika guru tersebut dianggap kurang bisa menjelaskan materi oleh peserta didiknya!
BalasHapusmenurut saya, jika kita ingin menggunakan sebuah media dalam menyampaikan sebuah materi pembelajaran, kita harus mengetahui dulu materi apa yang akan kita sampaikan. contohnya saja jika kita ingin menyampaikan materi pembelajaran mengenai "koloid" nah di dalam materi mengenai koloid ini banyak sekali media yang dapat kita gunakan untuk meransang pemikiran peserta didik,seperti kita dapat membawa agar-agar sebagai media untuk menyampaikan materi koloid tersebut. terimakasih
BalasHapusasslam mualaikum wr wb
BalasHapuspada pembahasan ini Dengan memperhatikan kompleks dan uniknya proses belajar, maka ketepatan pemilihan media dan metode pembelajaran akan sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.pada di sekolah terutama di perdesaan media yg bagaimana yang baik dan efektif digunakan agar kita mencapai tujuan pembelajaran ( dalam pembelajaran kimia yg sulit) di sertai dg aplikasi yg kita gunaka sebagai guru?
waalaikum salam menurut saya apapun media yang akan kita gunakan kelak haruslah sesuai dengan bahan ajar yang akan kita sajkan,kemudian jika kita ingin mengaplikasikan suatu materi kimia hendaknya kita harus menyesuaikan dengan lingkungan dimana kita mengajar. dan yang paling penting adalah media yang mengutamakan kebutuhan siswa pada saat itu, agar pembelajaran kimia yang kita sajikan benar-benar terkonstruck dan dapat menjadi suatu informasi yang benar-benar penting
BalasHapussaya ingin menambahkan sedikit materi dari blog yang saudari paparkan mengenai beberapa landasan teoritis yang kuat dalam sistem pembelajaran, yaitu :
BalasHapus1. Teori Psikologis Bruner
Menurut Bruner perkembangan kognitif seseorang terjadi melalui tiga tahap yang ditentukan oleh caranya melihat lingkungan, diantaranya yaitu:
a) Tahap pengalaman langsung (Eractive), merupakan tahap individu berupa memahami lingkungan dengan beraktifitas.
b) Tahap Pictoria (Ekonit), tahap individu melihat dunia melalui gambar dan menvisualisasi verbal.
c) Tahap simbolik, tahap dimana individu mempunyai gagasan-gagasan abstrak yang banyak dipengaruhi bahasa dan logika berpikirnya.
Assalamualaikum, saya ingin menambahkan materi anda sedikit
BalasHapusGagne & Briggs dalam Arsyad (2002: 4) mengemukakan bahwa media pembelajaran meliputi alat yang secara fisik digunakan untuk menyampaikan isi materi pembelajaran yang terdiri dari, antara lain: buku, 9 tape-recorder , kaset, video kamera, video recorder , film, slide (gambar bingkai), foto, gambar, grafik, televisi, dan komputer. Berikut ini akan diuraikan klasifikasi Media Pembelajaran menurut taksonomi Leshin, dkk., dalam (Arsyad, 2008: 81-101), yaitu:
a. Media berbasis manusia merupakan media yang digunakan untuk mengirimkan dan mengkomunikasikan pesan atau informasi.
b. Media berbasis cetakan yang paling umun dikenal adalah buku teks, buku penuntun, buku kerja/latihan, jurnal, majalah, dan lembar lepas.
c. Media berbasis visual ( image atau perumpamaan) memegang peranan yang sangat penting dalam proses belajar.
d. Media berbasis Audio-visual yang menggabungkan penggunaan suara memerlukan pekerjaan tambahan untuk memproduksinya.
e. Media berbasis komputer memiliki fungsi yang berbeda-beda dalam bidang pendidikan dan latihan. Komputer berperan sebagai manajer dalamproses pembelajaran yang dikenal dengan nama Computer- Managed Instruction (CMI).